Dalam rangka pencapaian tujuan pendidikan STAIN Tulungagung sesuai dengan visi dan misi yang diemban, maka perlu ditetapkan etika kampus :
1. | Etika kampus merupakan pedoman moral dalam pengembangan STAIN yang berisi etika dosen, etika pegawai, dan etika mahasiswa | ||
2. | Dosen, pegawai, dan mahasiswa bisa menjabarkan butir-butir etika kampus sesuai situasi dan kondisi sepanjang tidak keluar dari nilai-nilai yang terkandung didalamnya | ||
3. | Butir-butir etika kampus : | ||
a. | Etika Dosen | ||
1. | Menjadi teladan dalam pengamalan Islam | ||
2 | Melaksanakan amar ma'ruf dan nahi munkar secara konsekuen dan bijaksana | ||
3. | Mengaktualisasikan ajaran Islam melalui tri dharma perguruan tinggi | ||
4. | Memperluas wawasan keislaman dan menjunjung tinggi otonomi keilmuan | ||
5 | Memperkuat kemampuan penalaran dan ketajaman berpikir ilmiah serta menjunjung tinggi kebebasan akademik | ||
6 | Berdisiplin tinggi terhadap kode etik profesi | ||
b. | Etika Pegawai | ||
1. | Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa | ||
2. | Menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan bangsa | ||
3. | Mengutamakan pengabdian dan pelayanan kepada masyarakat | ||
4. | Bekerja dengan jujur, adil, dan amanah | ||
5. | Melaksanakan tugas dengan disiplin, profesional dan inovatif | ||
6. | Setia kawan dan bertanggungjawab atas kesejahteraan korps | ||
7. | Menciptakan dan memelihara suasana kerja yang baik | ||
8. | Menjunjung tinggi kehormatan dan martabat pegawai | ||
9. | Mengutamakan kepentingan STAIN diatas kepentingan pribadi, keluarga dan golongan | ||
c. | Etika Mahasiswa | ||
1. | Menjadikan diri sendiri sebagai pemimpin yang berakhlak karimah | ||
2. | Mendukung kebebasan akademik yang bertanggungjawab kepada kepentingan nasional | ||
3. | Mengembangkan sikap ilmiah, terbuka, dan obyektif dalam menyampaikan suatu pendapat | ||
4. | Mengembangkan sikap tenggang rasa dalam bekerja sama dengan seluruh warga kampus | ||
5. | Mengembangkan kepekaan sosial terhadap permasalahan lingkungan dan alternatif penanganannya | ||
6. | Mempelajari berbagai bidang profesi yang bermanfaat bagi kehidupan dimasa datang. | ||
7. | Berdisiplin tinggi terhadap pemberdayaan berbagai kecerdasan seperti kecerdasan intelektual, emosional, manajerial, dan spiritual | ||